ML-4000 SEJARAH LOKOMOTIF ASAL JERMAN YANG BERTAHAN HANYA 7 TAHUN

1 Nov 2017

ML-4000 SEJARAH LOKOMOTIF ASAL JERMAN YANG BERTAHAN HANYA 7 TAHUN - tahukah kalian bahwa Amerika adalah pembuat kereta api diesel yang sudah terkenal sejak lama. dan indonesia telah mendatangkan lokomotif buatan Amerika pada tahun 1953 “CC 200″. sampai pada saat ini juga, indonesia gemar mengimport lokomotif asli dari Amerika dan masih di opersikan untuk mengangkut barang ataupun penumpang.

lokomotif yang di import dari Benua Amerika ini langusng di kelola di bawah Badan PT KAI dan hasil importan lokomotif terbaru saat ini adalah CC 206. tetapi hasil sejarah yang pernah mengatakan bahwa amerika juga pernah mendatangkan Lokomotif diesel yang sangat memalukan. bahwa, perusahaan Amerika pernah membeli Lokomotif asli dari Jerman dan hanya bertahan dalam waktu 7 tahun.

kisah itu bermula ketika Electro Motive Division (EMD) memodif sebuah lokomotif GP9 yang berjumlah 9 Unit untuk perusahaan Union Pasific pada tahun 1959. hasil lokomotif modif itu mampu menghasilkan daya 2000 Hp dan memecah rekor lokomotif terkuat pada masa Southern Pasific (pesaing union pasific). southern Pasific juga tidak tinggal diam karena mengingat pada masa itu permintaan angkutan barang cukup banyak dan membutuhkan lokomotif yang cukup kuat. sehingga pada saat itu southern pasific berhasil membuat 10 unit lokomotif untuk menarik gerbong barang tersebut.

yang menjadi permasalahan di masa itu ialah, Lokomotif Buatan Southern Pasific tidak sesuai dengan yang di harapkan dan tipe kereta api pada masa itu adalah H-22-64 yang berkekuatan 2.400 hp. Pesaing dari Southern Pasific pada masa itu belum bisa membuat lokomotif yang berkekuatan melebihi 2000 hp seperti General Electrik (GE), EMD, dan Alco.

kerena masalah pada saat itu adalah permintaan konsumen untuk menarik gerbong yang panjang dan super berat, maka Southern Pasifik berfikir lebih untuk membuat lokomotif yang sesuai kenginan konsumen tersebut. sehingga pada masa itu Southern Pasific melirik produsen kereta api dari luar benua tersebut yang tertuju pada Krauss Maffei.

sebuah produsen lokomotif asal jerman yang mampu membuat lokomotif bertenaga lebih dari 3.500 Hp. tetapi setiap benua mesti memiliki jenis Lokomotif yang bisa di gunakan untuk menyesuaikan lapangan, dan lokomotif buatan jerman pada masa itu adalah lokomotif yang bermesin hidrolik, yang bisa di aktakan sebagai lokomotif yang tidak cocok untuk lapangan Benua Amerika.

kerena Southern Pasific tergiur dengan daya kekuatan 3.500 hp ini, akhirnya Southern Pasific mengambil keputusan nekat dan berhasil membawa lokomotif dari Jerman dengan tipe ML-4000 buatan krauss-maffei ini menggunakan Kapal laut pada tahun 31-oktober-1961.

spesifikasi dari ML-4000 ini delengkapi dengan mesin diesel Maybach MD870 V16 yang memiliki daya 1.770 HP dan transmisi voith L830rU. dengan kekuatan mesin di atas, lokomotif ini mampu mengeluarkan daya kekuatan sebesar 3.500 Hp dan lokomotif ini memiliki berat 156 ton. lokomotif ini bisa di katakan sangat berat untuk ukuran hidrolik.

southern pasific tidak mau ambil pusing dan langsung menguji coba lokomotif ML-4000 untuk membiasakan diri menggunakan mesin diesel hidrolik. setelah puas dengan hasil uji coba ML-4000 ini Southern Pasific langsung memesan kembali dengan jumlah yang agak banyak berkisar 15 unit. batch kedua ini dapatang pada tahun 1964 yang memiliki design body yang berbeda dengan Lokomotif yang pertama. lokomotif ini memiliki design loko yang memiliki hidung dan bagian mesin yang agar kecil. dengan tujuan utnuk memudahkan masinis melihat kebelakang saat berjalan mundur.

selain Southern paific, perusahaan denver dan rio western juga memsan 3 unit lokomotif jerman. tetapi setelah uji coba di Benua Amerika yang bisa di ketegorikan pegunungan, lokomotif ML-4000 ini tidak cocok untuk di gunakan. sehningga Southern Pasifik mengambil lokomotif ini dan memiliki total 21 unit lokomotif.

sebuah jalur yang di bangun khusu untuk ML-4000 yang terletak di california. D&RGW kecewa dengan performa yang di miliki oleh ML-4000. tetapi berbeda dengan Southern Pasific yang sangat puas dengan performa ML-4000 ini, karena selama SP emngoperasikan ML-4000 hanya memdapati 1 gangguan saja.

penulis jasa backlink murah


TAGS toko miniatur kereta api harga mainan kereta api di pasar gembrong cara membuat miniatur kereta api dari kertas harga mainan kereta api listrik kereta api mainan thomas jual mainan kereta api lengkap mainan kereta api rail king harga 1 set miniatur kereta api bermesin mainan kereta api lengkap kereta api mainan anak harga miniatur kereta api yang bisa jalan lazada miniatur kereta api indonesia toko miniatur kereta api di jakarta harga mainan kereta api thomas and friends harga miniatur kereta api yang bisa jalan mainan kereta api remote jual miniatur kereta api di bandung harga mainan kereta api mini listrik toko miniatur kereta api di jakarta harga mainan kereta api murah harga miniatur lokomotif bermesin harga kereta mainan jual miniatur kereta api bekas harga mainan kereta api rail king toko miniatur kereta api di surabaya harga mainan kereta api indonesia jual miniatur kereta api agung craft toko miniatur kereta api


-

Author

Search

Recent Post